CP DAN ATP INFORMATIKA KURIKULUM MERDEKA

 CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN INFORMATIKA SMP/MTs FASE D

Elemen

Capaian Pembelajaran

Penerapan               Berpikir

Komputasional

Pada akhir fase D, peserta didik mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menghasilkan beberapa solusi dalam menyelesaikan persoalan dengan data diskrit bervolume kecil dan mendisposisikan berpikir komputasional dalam bidang lain terutama dalam literasi, numerasi, dan literasi sains

(computationally literate)

Mengelola Konten Digital

Pada akhir fase D, peserta didik mampu menerapkan praktik baik dalam memanfaatkan aplikasi surel untuk berkomunikasi, aplikasi peramban dalam pencarian informasi di internet, content management system (CMS) untuk pengelolaan konten digital, dan memanfaatkan perkakas TIK untuk mendukung pembuatan

laporan, presentasi serta analisis dan interpretasi data

Sistem Komputer

Pada akhir fase D, peserta didik mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer yang membentuk sebuah sistem komputasi, serta menjelaskan proses dan penggunaan kodifikasi untuk penyimpanan data dalam memori komputer

Komunikasi dan Keamanan Data

Pada akhir fase D, peserta didik mampu memahami konektivitas jaringan lokal, komunikasi data via ponsel, konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet).

Analisis Data

Pada akhir fase D, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola, dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis untuk menginterpretasi dan memprediksi sekumpulan data dari situasi konkret sehari-hari yang berasal dari suatu sumber data dengan menggunakan perkakas TIK atau manual.

Menggunakan Kondisi Percabangan dan

Perulangan

Pada akhir fase D, peserta didik mampu memahami objek-objek dan instruksi dalam sebuah lingkungan pemrograman blok (visual) untuk mengembangkan program visual sederhana berdasarkan contoh-contoh yang diberikan, mengembangkan karya digital kreatif (game, animasi, atau presentasi), menerapkan aturan translasi konsep dari satu bahasa visual ke bahasa visual lainnya, dan mengenal pemrograman tekstual sederhana

Menggunakan Subprogram

Pada akhir fase D, peserta didik mampu memahami, ketersediaan data dan informasi lewat aplikasi media sosial, memahami keterbukaan informasi, memilih informasi yang bersifat publik atau privat, menerapkan etika, dan menjaga keamanan dirinya dalam masyarakat digital.

Membagikan Informasi dan Perlindungan Data Pribadi

Pada akhir fase D, peserta didik mampu bergotong royong untuk mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan artefak komputasional sebagai solusi persoalan masyarakat, serta mengomunikasikan produk dan proses pengembangannya dalam bentuk karya kreatif yang menyenangkan secara lisan maupun tertulis

Praktik Lintas Bidang

Pada Akhir Fase D,peserta didik mampu Bergotong royong untuk mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan artefak komputasional yang merupakan solusi dari persoalan tersebut, serta mengomunikasikan secara lisan maupun tertulis produk dan proses pengembangan solusinya dalam bentuk karya kreatif yang menyenangkan

 

 


ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

INFORMATIKA SMP/MTs

FASE D KELAS VIII

 

             

BAB 1 Penerapan Berpikir Komputasional  

Tujuan Pembelajaran 

1.       Peserta didik menerapkan konsep berpikir komputasional untuk menyelesaikan persoalan dalam bidang seni.

2.       Peserta didik menerapkan konsep berpikir komputasional untuk menyelesaikan persoalan dalam bidang Matematik

3.       Peserta didik menerapkan konsep berpikir komputasional untuk melakukan pemrograman robot

Alur Tujuan Pembelajaran 

Elemen: 

Penerapan Berpikir Komputasional (BK)

 

Capaian Pembelajaran:  

Peserta didik mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menghasilkan beberapa solusi dalam menyelesaikan persoalan dengan data diskrit bervolume kecil dan mendisposisikan berpikir komputasional dalam bidang lain terutama dalam literasi, numerasi, dan literasi sains (computationally literate)

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

Penerapan

Berpikir

Komputasional

 

 

Menerapkan

Peserta didik mampu Menerapkan konsep berpikir komputasional untuk menyelesaikan persoalan dalam bidang seni.

1

 

2

Peserta didik mampu Menerapkan konsep berpikir komputasional untuk menyelesaikan

persoalan dalam bidang Matematik

Perserta didik mampu Menggunakan array multidimensi dalam sebuah program.

1

2

Berpikir

Komputasional untuk Pemrograman

Robo

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

4

 

 

BAB 2 Mengelola Konten Digital

Tujuan Pembelajaran 

1.       Peserta didik mengenal dan mampu menggunakan CMS untuk membangun sebuah blog.

2.       Peserta didik menggunakan CMS untuk mengelola konten dalam bentuk teks

3.       Peserta didik menggunakan CMS untuk mengelola konten dalam bentuk video

4.       Peserta didik menggunakan CMS untuk membagikan file

5.       Peserta didik melakukan berbagai pengaturan di blog

Alur Tujuan Pembelajaran 

Elemen: 

Menerapkan Berpikir Komputasional dalam Pemrograman (TIK)

Capaian Pembelajaran:  

Peserta didik mampu menerapkan praktik baik dalam memanfaatkan aplikasi surel untuk berkomunikasi, aplikasi peramban dalam pencarian informasi di internet, content management system (CMS) untuk pengelolaan konten digital, dan memanfaatkan perkakas TIK untuk mendukung pembuatan laporan, presentasi serta analisis dan interpretasi data

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

Menggunakan CMS

(Content

Management

System)

Perserta didik mampu Mengenal dan mampu menggunakan CMS untuk membangun sebuah blog.

2

 

2

Perserta didik mampu Menggunakan CMS untuk mengelola konten dalam bentuk teks

Perserta didik mampu Menggunakan CMS untuk mengelola konten dalam bentuk video

2

2

Membuat

Pengaturan di blog

Perserta didik mampu Menggunakan CMS untuk membagikan file

2

2

Perserta didik mampu Melakukan berbagai pengaturan di blog

2

4

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

10

 

  

BAB 3 Sistem Komputer

Tujuan Pembelajaran 

1.     Peserta didik menjelaskan berbagai sistem bilangan yang umum digunakan di sistem komputer. 

2.     Peserta didik mengkonversi satu bilangan ke sistem bilangan yang lain. 

3.     Peserta didik menjelaskan cara komputer mengirimkan perintah dan data 4. Peserta didik menjelaskan sistem pengkodean alamat memori di komputer.

5.     Peserta didik menjelaskan sistem pengkodean teks di komputer.

6.     Peserta didik menjelaskan sistem pengkodean warna di komputer

 

Alur Tujuan Pembelajaran 

Elemen: 

Sistem Komputer (SK)

 

Capaian Pembelajaran:  

Peserta didik mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer yang membentuk sebuah sistem komputasi, serta menjelaskan proses dan penggunaan kodifikasi untuk penyimpanan data dalam memori komputer

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

Sistem Bilangan

 

 

 

 

 

 

Sistem Pengkodean

Perserta didik mampu Menjelaskan berbagai sistem bilangan yang umum digunakan di sistem komputer

3

2

Perserta didik mampu Mengkonversi satu bilangan ke sistem bilangan yang lain. 

Perserta didik mampu Menjelaskan cara komputer mengirimkan perintah dan data

3

2

Perserta didik mampu menjelaskan sistem pengkodean alamat memori di komputer.

Perserta didik mampu  Menjelaskan sistem pengkodean teks di komputer.

3

2

Perserta didik Menjelaskan sistem pengkodean warna di komputer

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

6

 

  

BAB 4 Komunikasi dan Keamanan Data

Tujuan Pembelajaran 

1.     Peserta didik memahami berbagai perangkat yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer.

2.     Peserta didik memahami peranan dan fungsi masing-masing perangkat dalam sebuah jaringan komputer. 

3.     Peserta didik memahami mekanisme pengiriman data dalam jaringan komputer. 

4.     Peserta didik memahami berbagai permasalahan dalam pengiriman data.

5.     Peserta didik mengenal aspek keamanan dalam komunikasi data dan berbagai teknik pencurian data di jaringan. 

6.     Peserta didik memahami berbagai tindakan dan teknologi pengamanan data. Alur Tujuan Pembelajaran 

Elemen: 

Komunikasi dan Keamanan Data (JKI) 

Capaian Pembelajaran: 

Peserta didik mampu peserta didik mampu memahami konektivitas jaringan lokal, komunikasi data via ponsel, konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet).

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

Cara            Jaringan

Komputer Bekerja

Perserta didik mampu memahami berbagai perangkat yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer.

4

 

2

Perserta didik mampu memahami peranan dan fungsi masing-masing perangkat dalam sebuah jaringan komputer

Perserta didik mampu memahami mekanisme pengiriman data dalam jaringan komputer

4

2

Perserta didik mampu memahami berbagai permasalahan dalam pengiriman data. Tujuan Pembelajaran

Keamanan Data

Perserta didik mampu mengenal aspek keamanan dalam komunikasi data dan berbagai teknik pencurian data di jaringan

4

2

 

Peserta didik mampu memahami berbagai tindakan dan teknologi pengamanan data.

 

 

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

6

 

 

BAB 5 Analisis Data 

Tujuan Pembelajaran 

1.     Peserta didik menggunakan berbagai fungsi statistik. 

2.     Peserta didik menggunakan berbagai fungsi keuangan. 

3.     Peserta didik menggunakan fungsi IF dan IF bercabang pada Microsoft Excel.

4.     Peserta didik menggunakan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP pada Microsoft Excel.

5.     Peserta didik membuat basis data di lembar kerja untuk mengelola data.

6.     Peserta didik menggunakan data untuk melakukan prediksi.

Alur Tujuan Pembelajaran 

Elemen:

Analisis Data (AD)

Capaian Pembelajaran:  

Peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola, dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis untuk menginterpretasi dan memprediksi sekumpulan data dari situasi konkret sehari-hari yang berasal dari suatu sumber data dengan menggunakan perkakas TIK atau manual.

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

Menggunakan

Berbagai Fungsi Statistik dan

Keuangan

Perserta didik mampu menggunakan berbagai fungsi statistik. 

5

 

2

Perserta didik mampu menggunakan berbagai fungsi keuangan

Perserta didik mampu menggunakan fungsi IF dan IF bercabang pada Microsoft Excel. Tujuan Pembelajaran

Perserta didik mampu menggunakan fungsi

VLOOKUP dan HLOOKUP pada Microsoft

Excel.

Mengelola Data

dan Membuat Prediksi

Perserta didik mampu membuat basis data di lembar kerja untuk mengelola data.

5

2

Perserta didik mampu menggunakan data untuk melakukan prediksi.

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

4

 

 

BAB 6 Menggunakan Kondisi Percabangan dan Perulangan

Tujuan Pembelajaran 

1.     Peserta didik menjelaskan cara kerja dan menggunakan kondisi dengan satu percabangan.


2.     Peserta didik menjelaskan cara kerja dan menggunakan kondisi dengan dua percabangan.

3.     Peserta didik menjelaskan cara kerja dan menggunakan kondisi dengan tiga atau lebih percabangan.

4.     Peserta didik menjelaskan cara kerja dan menggunakan berbagai tipe perulangan.

5.     Peserta didik menggunakan kondisi percabangan dan perulangan dalam suatu program Alur Tujuan Pembelajaran 

Elemen: 

Menggunakan Kondisi Percabangan dan Perulangan (AP)

Capaian Pembelajaran:  

Peserta didik mampu memahami objek-objek dan instruksi dalam sebuah lingkungan pemrograman blok (visual) untuk mengembangkan program visual sederhana berdasarkan contoh-contoh yang diberikan, mengembangkan karya digital kreatif (game, animasi, atau presentasi), menerapkan aturan translasi konsep dari satu bahasa visual ke bahasa visual lainnya, dan mengenal pemrograman tekstual sederhana

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

Menggunakan

Kondisi

Percabangan

Perserta didik mampu menjelaskan cara kerja dan menggunakan kondisi dengan satu percabangan

6

 

2

Perserta didik mampu menjelaskan cara kerja dan menggunakan kondisi dengan dua percabangan

Perserta didik mampu menjelaskan cara kerja dan menggunakan kondisi dengan tiga atau lebih percabangan.

6

2

Perserta didik mampu menjelaskan cara kerja dan menggunakan berbagai tipe perulangan

Menggunakan

Kondisi Perulangan

Perserta didik mampu menggunakan kondisi percabangan dan perulangan dalam suatu program

6

2

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

6

 

  

BAB 7 Menggunakan Subprogram

Tujuan Pembelajaran 

1.     Peserta didik menjelaskan alasan program perlu didekomposisi menjadi beberapa subprogram.

2.     Peserta didik menerapkan subprogram menggunakan Scratch.

3.     Peserta didik membuat program yang terdiri atas beberapa subprogram.

4.     Peserta didik menganalisis persoalan dan mengusulkan solusi.

5.     Peserta didik merancang solusi dari sebuah persoalan dan mengimplementasikan dalam bentuk program komputer. 

6.     Peserta didik melakukan pengujian terhadap program komputer untuk memenuhi berbagai kebutuhan program

Alur Tujuan Pembelajaran 

Elemen: 

Menggunakan Kondisi Percabangan dan Perulangan (DSI)

Capaian Pembelajaran:  

Peserta didik mampu memahami, ketersediaan data dan informasi lewat aplikasi media sosial, memahami keterbukaan informasi, memilih informasi yang bersifat publik atau privat, menerapkan etika, dan menjaga keamanan dirinya dalam masyarakat digital.

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

Memecah Program

Perserta didik mampu menjelaskan alasan program perlu didekomposisi menjadi beberapa subprogram.

7

 

2

Perserta didik mampu menerapkan subprogram menggunakan Scratch.

Perserta didik mampu membuat program yang terdiri atas beberapa subprogram

7

2

Perserta didik mampu menganalisis persoalan dan mengusulkan solusi

Berbagai Persoalan Komputasi

Perserta didik mampu merancang solusi dari sebuah persoalan dan mengimplementasikan dalam bentuk program komputer

7

2

 

Peserta didik mampu melakukan pengujian terhadap program komputer untuk memenuhi berbagai kebutuhan

 

7

2

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

8

 

  

BAB 8 Membagikan Informasi dan Perlindungan Data Pribadi

Tujuan Pembelajaran 

1.     Peserta didik menjelaskan apa yang dimaksud dengan data, informasi, dan pengetahuan. 

2.     Peserta didik menjelaskan manfaat data, informasi, dan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. 

3.     Peserta didik menjelaskan keuntungan dan dampak positif membagikan data.

4.     Peserta didik menjelaskan kerugian dan dampak negatif membagikan data.

5.     Peserta didik menjelaskan dampak jika data dapat diakses secara publik. 

6.     Peserta didik membedakan dan memilah berbagai jenis informasi.

7.     Peserta didik memilih dan mempublikasikan secara publik data yang patut. 

8.     Peserta didik menjelaskan aspek hukum perlindungan data pribadi.

Alur Tujuan Pembelajaran 

Elemen: 

Membagikan Informasi dan Perlindungan Data Pribadi (PLB)

Capaian Pembelajaran:  

Peserta didik mampu memahami, ketersediaan data dan informasi lewat aplikasi media sosial, memahami keterbukaan informasi, memilih informasi yang bersifat publik atau privat, menerapkan etika, dan menjaga keamanan dirinya dalam masyarakat digital.

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

Membagikan Data dan Informasi

Perserta didik mampu menjelaskan apa yang dimaksud dengan data, informasi, dan pengetahuan

8

 

2

Perserta didik mampu menjelaskan manfaat data, informasi, dan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. .

Perserta didik mampu menjelaskan keuntungan dan dampak positif membagikan data.

8

2

Perserta didik mampu menjelaskan kerugian dan dampak negatif membagikan data. Tujuan Pembelajaran

Melindungi Data dan Aspek Legal Perlindungan Data

Perserta didik mampu menjelaskan dampak jika data dapat diakses secara public

8

2

 

Peserta didik mampu membedakan dan memilah berbagai jenis informasi.

8

2

 

Peserta didik mampu memilih dan mempublikasikan secara publik data yang patut

8

 

 

Peserta didik menjelaskan aspek hukum perlindungan data pribadi.

8

2

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

10

 

  

BAB 9 Praktik Lintas Bidang

Tujuan Pembelajaran 

1.     Peserta didik membuat program untuk menyelesaikan persoalan komputasi dalam bidang matematika.

2.     Peserta didik menyelesaikan persoalan komputasi yang bersifat algoritmik untuk kasus robot maze solver.

3.     Peserta didik merancang dan membuat aplikasi game yang lebih kompleks dan rumit Alur Tujuan Pembelajaran 

Elemen: 

Praktik Lintas Bidang 

Capaian Pembelajaran:  

Peserta didik mampu bergotong royong untuk mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan artefak komputasional sebagai solusi persoalan masyarakat, serta mengomunikasikan produk dan proses pengembangannya dalam bentuk karya kreatif yang menyenangkan secara lisan maupun tertulis.

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

Komputasi       untuk

Robot dan Pelajaran

Matematika

Perserta didik mampu membuat program untuk menyelesaikan persoalan komputasi dalam bidang matematika.

9

 

2

Perserta didik menyelesaikan persoalan komputasi yang bersifat algoritmik untuk kasus robot maze solver

 

 

Membuat aplikasi game

Perserta didik mampu merancang dan membuat aplikasi game yang lebih kompleks dan rumit

9

2

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

4

 

CATATAN : UNTUK JUMLAH PERTEMUAN DAN JP NYA DI SESUAIKAN DENGAN SEKOLAH MASING-MASING

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REFERENSI SOAL-SOAL POST TES PPG 2025_FPPN 3 MODUL PEMBELAJARAN FILOSOFI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN NILAI

REFERENSI SOAL-SOAL POST TES PPG 2025_FPPN 1 MODUL PEMBELAJARAN FILOSOFI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN NILAI

REFERENSI SOAL-SOAL POST TES PPG 2025_FPPN 2 MODUL PEMBELAJARAN FILOSOFI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN NILAI