Contoh RPP Terbaru Sesuai Standar K13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : IX/1
Materi Pokok : Bilangan Berpangkat dan Akar Bilangan
Waktu : 15 × 30
menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator
|
3.1.Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat
bulat, bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya.
|
3.1.1
Menuliskan
notasi ilmiah dari suatu bilangan.
3.1.2
Menuliskan
notasi ilmiah menjadi bentuk biasa.
3.1.3
Menjelaskan
pengertian bilangan bulat dengan pangkat positif,
negatif, dan nol.
3.1.4
Menentukan
sifat-sifat bilangan berpangkat.
3.1.5
Mengubah pangkat
positif menjadi negatif dan sebaliknya.
3.1.6
Mengenal arti
bilangan pecahan berpangkat dan menemukan hasilnya.
3.1.7
Menyatakan hubungan
antara bentuk akar dan pemangkatan.
3.1.8
Menentukan
sifat-sifat bilangan berpangkat
3.1.9
Menyelesaikan
operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
3.1.10 Merasionalkan penyebut pecahan irrasional.
|
4.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat -
sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
|
4.1.1. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
penerapan konsep bilangan berpangkat.
4.1.2. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
penerapan sifat-sifat bilangan berpangkat.
4.1.3. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
penerapan konsep dan sifat-sifat bentuk akar.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui serangkaian kegiatan tanya jawab, diskusi,
presentasi dan penugasan, siswa memiliki sikap tanggung jawab, saling
menghargai, dapat bekerjasama, percaya diri, serta dapat :
1.
Menjelaskan
pengertian bilangan bulat yang eksponennya positif, negatif, dan nol.
2.
Menemukan sifat-sifat
operasi pada bilangan berpangkat
3.
Mengubah pangkat
positif menjadi negatif dan sebaliknya.
4.
Terampil menggunakan
sifat-sifat operasi pada bilangan berpangkat untuk menyelesaikan masalah yang
berkaitan.
5.
Menjelaskan arti
bilangan pecahan berpangkat dan menemukan hasilnya.
6.
Menjelaskan arti
bentuk akar
7.
Terampil mengubah
bentuk akar suatu bilangan menjadi bilangan berpangkat pecahan dan sebaliknya.
8.
Menemukan sifat-sifat
operasi pada bentuk akar dan terampil menggunakannya untuk menyelesaikan
masalah berkaitan.
9.
Terampil merasionalkan
penyebut pecahan yang irasional.
D. Materi
Pembelajaran :
1.
Pengertian bilangan berpangkat
yang eksponennya bilangan bulat positif, negatif, dan nol.
2.
Sifat-sifat operasi
pada bilangan berpangkat.
3.
Mengubah pangkat
positif menjadi negatif dan sebaliknya
4.
Menggunakan
sifat-sifat operasi pada bilangan berpangkat untuk menyelesaikan masalah yang
berkaitan.
5.
Bilangan pecahan berpangkat.
6.
Pengertian bentuk
akar
7.
Mengubah bentuk akar
ke dalam bilangan berpangkat pecahan dan sebaliknya.
8.
Sifat-sifat operasi pada bentuk akar dan penggunakannya
untuk menyelesaikan masalah berkaitan
9.
Merasionalkan
penyebut pecahan yang irrasional
E. Model dan metode
Pembelajaran
Model
pembelajaran : Eksplorasi, Elaborasi
dan Konfermasi
Metode
Pembelajaran : Diskusi, Tanya
Jawab, Penugasan
F.
Media, Alat, Sumber Pembelajaran
Media: Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Lembar Latihan Siswa (LLS)
Alat : Papan tulis
Sumber Belajar:
1.
Matematika SMP/MTS kelas IX (Buku Guru), Subchan dkk, Pusat Kurikulum dan Pembukuan,
Balitbang,Kemendikbud.
2.
Buku-buku
penunjang dari perpustakaan
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua (3 x 40 menit). Untuk mencapai tujuan pembelajaran
ke 4 dan 5
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alk Wkt
(menit)
|
Catatan
|
|
Pendahuluan
|
1.
Mengarahkan
siswa untuk siap belajar.
2.
Tanya
jawab tentang: arti bilangan berpangkat, nilai suatu bilangan berpangkat,
merubah suatu bilangan ke dalam bentuk bilangan berpangkat, sifat-sifat
operasi bilangan berpangkat.
3.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
4.
Guru membagi siswa dalam 10 kelompok, serta meminta siswa tiap kelompok berkolaborasi untuk
menyelesaikan masalah.
|
6
|
||
Inti
|
5.
Beberapa
siswa diminta menuliskan 1 soal dari buku matematika (buku Siswa) kelas IX
yang tidak dapat diselesaikan di rumah.
6.
Siswa
lain diminta untuk menyelesaikannya dan beberapa siswa mempresentasikan
jawabanya
|
10
|
||
7.
Secara
berkelompok siswa mengerjakan LLS 1
8.
Beberapa
siswa perwakilan kelompok mempresentasi kan jawabannya
9.
Siswa
lain memperhatikan dan mengomentari
|
15
13
|
|||
10.
Secara
berpasangan (teman sebangku) siswa mengerja kan LLS 2
11.
Beberapa
siswa perwakilan pasangan mempresentasi kan jawabannya
12.
Siswa
lain memperhatikan dan mengomentari
|
15
10
|
|||
13.
Secara
individu siswa mengerjakan LLS 3
14.
Beberapa
siswa mempresentasikan jawabannya
15.
Siswa
lain memperhatikan dan mengomentari
|
15
10
|
|||
Penutup
|
16.
Refleksi
dan umpan balik pelaksanaan pembelajaran hari ini
17.
Tidak
lanjut, dengan memberikan tugas untuk mempela jari konsep bentuk akar dan
sifat-sifat operasi bentuk akan
|
10
|
||
Media pertemuan kedua
Lembar Latihan Siswa (LLS) 1
Kerjakan soal-soal berikut secara
berkelompok di buku tugas kalian masing-masing dan satu jawaban di lembaran
terpisah untuk dikumpulkan, dalam waktu 15 menit.
1.
Nyatakan
perpangkatan berikut dalam bentuk perkalian berulang dan tentukan hasilnya
a.
(–
4)5 c. (– 3)4
b.
(–
4)6 d. – (3)4
2.
Nyatakan
bilangan berikut dalam bentuk perpangkatan.
a.
256
(perpangkatan basis 2)
b.
625
(perpangkatan basis 5)
3.
Sederhanakan
operasi aljabar berikut
a.
2a3 x 3 (a2b3)
–2 x 5b4 b.
4.
Tentukan
nilai x yang memenuhi persamaan
berikut
a.
7x = 343 b. 5x
= 625
5.
Dalam
sebuah penelitian, diketahui seekor amoeba S berkembang biak dengan membelah
diri menjadi 3 setiap 15 menit. Tentukanlah
a.
Berapa
jumlah amoeba S selama 1 hari jika pada pengamatan awal terdapat 5 amoeba S?
b.
Berapa
banyak amoeba S semula apabila dalam pengamatan 1 jam pertama terdapat minimal
1000 amoeba S?
Lembar Latihan Siswa (LLS) 2
Kerjakan soal-soal berikut dengan
teman duduk sebangkumu di buku tugas kalian masing-masing dan satu jawaban di
lembaran terpisah untuk dikumpulkan, dalam waktu 15 menit.
1.
Nyatakan
perpangkatan berikut dalam bentuk paling sederhana
a.
4 x
34 + 5 x 33 b.
2.
Nyatakan
p5 dalam bentuk
a.
Perkalian
2 bilangan berpangkat b.
Pembagian 2 bilangan berpangkat
3.
Tentukan
nilai x yang memenuhi persamaan
berikut
a.
x 4x
x 2x = 64 b.
31500 + 9750 + 27500 = 3x
4.
Sederhanakan
operasi aljabar berikut
a.
b.
5.
Di pasar
tradisional A diperkirakan terjadi perputaran uang Rp. 81.000.000 untuk setiap
menitnya. Pada hari Senin sampai Kamis proses perdagangan terjadi rata-rata
dalam 12 jam, untuk hari Jumat proses perdagangan hanya terjadi dalam 10 jam,
sedangkan di hari Sabtu dan Ahad proses perdagangan terjadi rata-rata 18 jam.
Hitunglah jumlah perputaran uang di Pasar A selama 1 pekan. Nyatakan jawaban
kalian dalam bentuk perpangkatan
Lembar Latihan Siswa (LLS) 3
Kerjakan soal-soal berikut secara
individu pada tempat yang tersedia, dalam waktu 15 menit.
1.
Bentuk
paling sederhana dari
Penyelesaian
2.
Nyatakan
9.000.000 dalam bentuk perpangkatan dengan basis 2, 3 dan 5
Penyelesaian
3.
Nilai
n yang memenuhi persamaan
Penyelesaian
4.
Tentukan
pasangan bilangan x dan y kurang dari 10 yang memenuhi persamaan
dan berapa banyak pasangan bilangan x dan y
yang memenuhi persamaan tersebut
Penyelesaian
5.
Pabrik
kertas HVS pak Tono melakukan pengemasan produksi kertasnya per rim (1 rim) =
500 lembar. Banyak pesanan yang harus dilayani tiap harinya adalah 30 karton
box dengan masing-masing karton berisi 30 rim. Berapa rim kertas HVS yang harus
diproduksi pabrik pak Tono tiap bulannya (1 bulan 30 hari), nyatakan dalam bentuk
perpangkatan.
Penyelesaian
Pertemuan
Ketiga (3 x 40 menit). Untuk mencapai tujuan pembelajaran ke 6 dan 7
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alk Wkt
(menit)
|
Catatan
|
|
Pendahuluan
|
1.
Mengarahkan
siswa untuk siap belajar.
2.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
3.
Tanya
jawab tentang: rumus pythagoras, rumus luas daerah pesegi dan rumus volume
kubus
4.
Memperhatikan
masalah kontektual yang mengarahkan ke bentuk akar
|
12
|
||
Inti
|
5.
Tanya
jawab membahas masalah kontekstual berkaitan dengan pengertian bentuk akar
b =
b =
b =
6.
Tanya
jawab menyelesaikan contoh soal bentuk akar
7.
Secara
berpasangan siswa berdiskusi menyelesaikan soal bentuk akar
8.
Beberapa
perwakilan siswa mempresentasikan hasil diskusinya, siswa lain memperhatikan
dan memberikan tanggapan
|
35
|
||
9.
Tanya
jawab menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan asli yang bukan merupakan
bilangan kuadrat sempurna
10.
Secara
berpasangan siswa berdiskusi menentukan
11.
Tiga
siswa yang ditunjuk mempersentasikan hasil diskusinya dan siswa lain
memperhatikan dan memberikan tanggapan
|
25
|
|||
12.
Dengan
teman sebangkunya siswa mendiskusikan LKS berikan mengubah bentuk akar ke
bilangan berpangkat dengan pangkat bilangan pecahan dan sebaliknya.
13.
Beberapa perwakilan siswa mempresentasikan
hasil diskusinya, siswa lain memperhatikan dan memberikan tanggapan
|
35
|
|||
Penutup
|
14.
Refleksi
dan umpan balik pelaksanaan pembelajaran hari ini.
15.
Tidak
lanjut, dengan memberikan tugas untuk mempelajari sifat-sifat bentuk akar
|
13
|
||
Media Pembelajaran Pertemuan ketiga
Lembar
Kerja Siswa
Tujuan : Siswa dapat mengubah bentuk akar ke bilangan berpangkat dan
sebaliknya
Pentunjuk :
Lengkapilah penyataan berikut dengan menuliskan jawaban
yang sesuai di tempat yang tersedia dalam waktu 20 menit.
1.
Sesuai
definisi b =
jika hanya jika ...... = b2
Karena b2
= ...... maka
= ........ atau ...... =
b =
dan ...... =
Jadi
=
2.
Sesuai
definisi b =
jika dan hanya jika ...... = b3
Karena b3
= ...... maka
= ........ atau ...... =
b =
dan ...... =
Jadi
=
3.
Sesuai
definisi b =
jika dan hanya jika a = bn
Karena bn
= ...... maka
= ........ atau ...... =
b =
dan ...... =
Jadi
=
Pertemuan Keempat (2 x 40 menit). Untuk mencapai tujuan
pembelajaran ke 8
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alk Wkt
(menit)
|
Catatan
|
|
Pendahuluan
|
1.
Mengarahkan
siswa untuk siap belajar.
2.
Mengulas
pekerjaan rumah yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
3.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
4.
Tanya
jawab tentang: arti bentuk akar dan hubungan bentuk akar dan bilangan
berpangkat
|
6
|
||
Inti
|
1.
Tanya
jawab untuk membimbing siswa menemukan sifat utama bentuk akar, yaitu
i)
Jika
a bilangan positif, maka
ii) Jika a
bilangan negatif dan n bilangan ganjil, maka
2.
Tanya
jawab berkaitan dengan penerapan sifat untuk menyelesaikan soal.
|
10
7
|
||
3.
Secara
berpasangan siswa mengerjakan LKS, untuk menemukan sifat-sifat operasi bentuk
akar, yaitu:
Jika a dan b bilangan positif, maka
i)
ii)
iii)
iv)
4.
Perwakilan
pasangan siswa mempresentasikan hasil diskusinya. Siswa lain memperhatikan
dan mengomentari
|
10
6
|
|||
5.
Secara
berpasangan siswa mengerjakan LLS, menyelesaikan masalah berkaitan dengan
sifat-sifat operasi bentuk akar
6.
Beberapa
siswa perwakilan pasangan mempresentasi kan jawabannya. Siswa lain
memperhatikan dan mengomentari
|
10
7
|
|||
Penutup
|
7.
Refleksi
dan umpan balik pelaksanaan pembelajaran hari ini.
8.
Tidak
lanjut, dengan memberikan tugas untuk mempelajari merasionalkan penyebut
pecahan yang irasional.
|
4
|
||
Media pertemuan keempat
Nama : ..................................................... dan
.........................................................
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Lengkapilah pernyataan berikut
dengan menuliskan jawaban yang tepat di tempat yang tersedia dengan teman
sebangkumu, dalam waktu 10 menit.
Diberikan sembarang a dan b bilangan positif, maka:
1.
= (a x b)........
= a....... x b...... =
Jadi
=
2.
=
=
=
Jadi
=
3.
=
Jadi
=
4.
=
Jadi
=
Nama : ..................................................... dan
.........................................................
Lembar Latihan Siswa (LLS)
Dengan menggunakan sifat-sifat
operasi bentuk akar yang sudah kalian dapatkan, kerjakan soal-soal berikut
dengan teman sebangkumu di tempat yang tersedia dalam waktu 10 menit.
1.
=
=
= .....
2.
=
=
= ....... x ....... = ........
3.
=
=
=
4.
=
=
=
5.
=
=
=
+
= (....+......
......)
= ......
6.
=
=
=
= (...
....+....)
= ......
Pertemuan Kelima (3 x 40 menit). Untuk mencapai tujuan pembelajaran
ke 9
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alk Wkt
(menit)
|
Catatan
|
|
Pendahuluan
|
1.
Mengarahkan
siswa untuk siap belajar.
2.
Mengulas
pekerjaan rumah yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
3.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
4. Tanya jawab tentang: hasil dari
Contoh-contoh bilangan rasional
dan irasional
|
10
|
||
Inti
|
5.
Tanya
jawab menyelesaikan soal-soal berkaitan dengan merasionalkan penyebut pecahan
irasional
i)
Memberikan
kesempatan siswa untuk mencatat .
|
6
|
||
6.
Secara
berkelompok siswa mengerjakan LKS untuk merasionalkan penyebut pecahan berbentuk.
ii)
7.
Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Siswa lain memperhatikan,
memberikan tanggapan dan mencatat cara merasionalkan penyebut pecahan (secara
umum)
8.
Tanya
jawab latihan menyelesaikan soal-soal merasionalkan penyebut pecahan yang
irasional
i)
|
12
8
4
|
|||
9.
Siswa
menyelesaikan LLS berpasangan dengan teman sebangkunya.
10. Perwakilan pasangan siswa mempresentasikan hasil
diskusinya. Siswa lain memperhatikan dan memberikan balikan/tanggapan, serta
membuat catatan penyelesaian soal-soal
|
15
10
|
|||
11. Secara individu siswa menyelesaikan masalah berkaitan
konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan merasionalkan penyebut irasional.
12. Beberapa siswa mempresentasikan jawabannya, siswa yang
lain memperhatikan, memberikan tanggapan dan membuat cacatan.
|
25
20
|
|||
Penutup
|
13. Refleksi dan umpan balik pelaksanaan pembelajaran hari
ini.
14. Tidak lanjut, menugaskan siswa untuk mencoba mengerjakan soal-soal yang ada di
buku penujang
|
10
|
||
Media pertemuan kelima
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Diskusikan dengan teman
sekelompok kalian untuk melengkapi
pernyataan berikut dengan menuliskan jawaban yang tepat di tempat yang
tersedia, dalam waktu 12 menit.
Merasionalkan penyebut suatu
pecahan
1.
Pecahan yang berbentuk
Untuk merasionalkan pecahan yang berbentuk
dilakukan
dengan cara mengalikan pecahan
dengan
, diperoleh
2.
Pecahan yang berbentuk
Untuk merasionalkan pecahan yang berbentuk
dilakukan
dengan cara mengalikan pecahan
dengan
, diperoleh
=
=
3.
Pecahan yang berbentuk
Untuk merasionalkan pecahan yang berbentuk
dilakukan
dengan cara mengalikan pecahan
dengan
, diperoleh
=
=
Nama-nama anggota kelompok:
1.
......................................................... 3.
.....................................................................
2.
......................................................... 4.
.....................................................................
Lembar Latihan Siswa (LLS)
Kerjakan soal-soal
berikut di kertas yang telah disediakan dengan teman sebangkumu dalam waktu 15
menit.
Rasionalkan penyebut
pecahan berikut dan nyatakan/tuliskan dalam bentuk yang paling sederhana.
1.
4.
2.
5.
3.
6.
Latihan individu
1.
Sederhanakan
bentuk-bentuk berikut
i)
(2a3)
x 3(a2b3)3 x 5b–2
ii)
iii)
iv)
-
2.
Tentukan
nilai x yang memenuhi persamaan berikut
i)
7x = 343 ii). 5x
= 625
3.
Volume
kubus ABCD.EFGH adalah 1000 dm3. Hitunglah panjang rusuk kubus,
panjang salah satu diagonal bidang, panjang salah satu diagonal ruang, dan luas
salah satu bidang diagonalnya.
H.
Penilaian
· Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu
Penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
· Instrumen penilaian Sikap, pengetahuan, dan keterampilan
terlampir.
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat aktif
dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan .
b. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
c. Toleran terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
d. Peduli dalam
kegiatan pembelajaran
e. Disiplin selama
proses pembelajaran
f.
Jujur dalam menjawab permasalahan yang diberikan
g. Tanggung jawab
dalam menyelesaikan tugas
|
Observasi
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Menyelesaikan
soal yang relevan
|
Penugasan
|
Penyelesaian kelompok atau individu
|
3.
|
Keterampilan
Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan bilangan
berpangkat dan akar bilangan
|
Portofolio
|
Penyelesaian kelompok
|
Rubrik: Penilaian Sikap
Indikator sikap aktif
dalam pembelajaran:
1.
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil
bagian dalam pembelajaran
2.
Cukup
jika menunjukkan ada sedikit
usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
4.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap
bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.
Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum
ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang
baik jika sama sekali tidak bersikap
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.
Cukup jika
menunjukkan ada sedikit usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
tetapi masuih belum ajeg/konsisten
3.
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha
untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan
kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha
untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan
kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Instrumen Penilaian pengetahuan
Jawablah semua soal dengan teliti
1.
Nyatakan bilangan 625 dalam bentuk perpangkatan.
2.
Sederhanakan
3.
Sederhanakan bentuk
-
dan rasionalkan
penyebutnya
4. Volume kubus ABCD.EFGH 729 dm3.
Hitunglah panjang rusuk kubus dan panjang diagonal ruangnya
Mataram, 01
September 2018
Tim PDS
Dra. Sripatmi, M. Si B.
Ratna Wahyuningsih, S.Pd
NIP 196008201985022001 NIP
196808231991032008
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2
Mataram
H. Lalu Suwarno, S.
Pd., M. Pd
NIP.
196312311983011020
Komentar
Posting Komentar