REFERENSI SOAL-SOAL POST TES PPG 2025_PSE 1 MODUL PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL
Mohon dibaca dan diperhatikan !!!
Untuk teman-teman guru hebat yang terpanggil PPG 2025 dalam jabatannya, saya ucapakkan selamat. Tapi ingat perjalannya masih panjang untuk nanti mendapatkan sertifikat pendidiknya. Saya mendoakan selama proses mengikuti PPG nya di permudah sampai akhir, Aminnn.
Teman-teman guru hebat, postingan ini saya buat untuk
membantu kawan-kawan menjawab soal Post Test PPG 2025 PSE
1 - 3 untuk modul Pembelajaran Sosial Emosional. Di sini ada kumpulan soal
sekaligus jawabannya. Saya ingatkan kembali bahwa biasanya optionnya di
acak-acak jadi mohon dibaca terlebih dahulu ya. Terima kasih atas perhatiannya.
1. Bu Indah adalah guru kelas 6 SD. Dalam tugas
kelompok, Bu Indah memperhatikan bahwa siswanya, yaitu Danu dan Ninda
bertengkar akibat adanya perbedaan pendapat. Anda mencoba melerai dan
membimbing mereka agar saling menghargai pendapat satu sama lain. Namun, Danu
berpendapat bahwa Ninda selalu ingin mengambil alih semua keputusan dan menolak
ide dari anggota kelompok lainnya. Sementara Ninda merasa bahwa pendapat dari
anggota lain tidak sesuai dengan intruksi tugas, Ia juga menginginkan pekerjaan
kelompok ini cepat selesai dengan mengikuti cara-cara darinya. Alhasil, antara
Danu dengan Ninda tidak ada yang ingin mengalah dan meminta maaf satu sama
lain. Dalam situasi ini, tindakan apa yang sebaiknya dilakukan oleh Bu Indah
agar Danu dan Ninda dapat menunjukan keterampilan sosial dalam bekerja sama?
Jawabannya : Menginisiasi sesi refleksi diri
untuk para siswa dalam bekerja kelompok dan pentingnya mendengarkan dan
menghargai satu sama lain.
Jawabannya : Menghentikan kegiatan roleplay serentak
dan meminta siswa bergantian melakukan roleplay di depan kelas sehingga
berjalan kondusif.
3. Dalam rangka membangun school well-being, Anda
mengusulkan pembentukan Satuan Tugas (satgas) Anti-Perundungan. Pada awalnya,
program ini disambut baik oleh para guru dan siswa hingga banyak di antara
mereka mendaftarkan diri sebagai anggota satgas. Namun, tim dari perwakilan
guru khawatir jika nantinya tidak dapat meluangkan waktu untuk membina dan
menjalankan tugasnya di satgas karena beban mengajar yang tinggi. Kondisi ini
juga dikhawatirkan akan berdampak pada efektifitas program-program yang akan dilaksanakan
nantinya sehingga dampak nyata dari keberadaan satgas tidak sepenuhnya terasa.
Melihat situasi ini, tindakan apa yang Anda lakukan?
Jawabannya : Bersama-sama mengkaji program dengan
menyesuaikan kondisi para anggota sehingga program tetap memiliki dampak dan
berjalan efektif.
4. Pak Andi adalah wali kelas yang sering mengingatkan
siswa untuk datang tepat waktu ke sekolah dan masuk kelas sesuai jadwal. Namun,
belakangan ini banyak siswa yang mulai memprotes karena Pak Andi sendiri sering
datang terlambat. Apabila ditelusuri, keterlambatan Pak Andi bukan tanpa
alasan, akan tetapi Pak Andi sedang merawat orang tuanya yang sakit dan
terkadang membutuhkan waktu yang lebih lama ketika pagi hari sehingga Ia datang
terlambat. Meskipun demikian, siswa tidak mengetahui alasan keterlambatan tersebut
sehingga mereka merasa ada ketidaksesuaian antara ucapan dan tindakan Pak Andi.
Jika Anda menjadi Pak Andi, bagaimana cara menyikapi para siswa?
Jawabannya : Melakukan evaluasi diri dan mencari
solusi alternatif sehingga dapat berkomitmen untuk datang tepat waktu ke
sekolah.
5. Anda adalah guru matematika di sebuah SMA. Untuk
mengajarkan konsep statistika, Anda merancang sebuah proyek experiential
learning yang dikemas dengan proyek "Menganalisis Data dalam Kehidupan
Sehari-hari". Para siswa akan mengumpulkan data, menganalisisnya, dan
mempresentasikan temuan mereka dalam bentuk laporan dan presentasi. Anda
berencana melibatkan guru Bahasa Indonesia untuk membantu mereka dalam menulis
laporan yang baik dan guru BK untuk memfasilitasi keterampilan komunikasi dan
kerja sama tim. Beberapa guru di sekolah merasa proyek ini akan terlalu banyak
melibatkan waktu di luar kelas dan khawatir mengganggu jadwal pembelajaran
mereka. Bagaimana Anda mengatasi situasi ini?
Jawabannya : Mengadakan diskusi kolaboratif dengan
guru terkait untuk menjelaskan manfaat lintas mata pelajaran dalam proyek ini,
dan mengatur pembagian waktu agar tidak mengganggu agenda utama pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar