REFERENSI SOAL-SOAL POST TES PPA_UMUM_3 PPG 2025 MODUL PEMBELAJARAN MENDALAM DAN ASESMEN (Umum)
1. Anda mengetahui adanya
dua suku asal peserta didik yang sama-sama dominan di kelas Anda. Kedua
kelompok ini sering terlibat konflik, baik secara sengaja maupun tidak,
sehingga kerap berdampak terhadap proses pembelajaran di kelas. Beberapa kali
Anda berusaha untuk memediasi, namun tingginya prasangka yang dimiliki antar
kelompok membuat kondisi tidak kunjung membaik. Selaku guru kelas, apa yang
akan Anda lakukan jika menemui situasi ini?
(a) Menyampaikan materi dan mendampingi belajar sebagaimana biasanya tanpa terlalu memikirkan situasi tersebut
(b) Membuat kelompok dengan anggota yang membaur antar kedua suku tersebut dan memberikan tugas kolaboratif
(c) Meminta peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menyelesaikan kegiatan kasus-kasus yang relevan
(d) Memikirkan ide tentang aktivitas pembelajaran tertentu yang dapat memediasi dua kelompok tersebut
(e) Berupaya menyelipkan cerita-cerita tentang dampak negatif prasangka di sela-sela penyampaian materi
Jawabannya : b. Membuat kelompok dengan anggota yang membaur antar kedua suku tersebut dan memberikan tugas kolaboratif2. Anda adalah guru Bahasa
Inggris kelas 12. Ketika mengamati tugas makalah yang dikumpulkan peserta didik
di semester lalu, Anda merasa bahwa kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris
perlu diasah lebih lanjut. Terlebih kemampuan ini akan dibutuhkan pada jenjang
berikutnya. Di sisi lain, Anda belum memiliki asesmen apapun terkait dengan
kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris. Apa tindakan yang akan Anda lakukan
bila menghadapi situasi ini?
(a) Menggunakan asesmen yang selama ini digunakan
(b) Memikirkan strategi asesmen yang paling relevan
(c) Mencoba membuat ujian tulis dengan pertanyaan singkat
(d) Memberikan tugas menulis jurnal mingguan agar progres kemampuan juga lebih terlihat
(e) Menugaskan esai panjang saat Sumatif Akhir Semester (SAS)
Jawabannya : d. Memberikan tugas menulis jurnal mingguan agar progres kemampuan juga lebih terlihat
3. Berdasarkan hasil
asesmen, Anda mengetahui bahwa sebagian peserta didik di kelas Anda memiliki
gaya belajar visual. Sementara itu, sebagian yang lain lebih suka belajar
secara auditori. Anda merasa perbedaan gaya belajar ini menjadi sebuah
tantangan karena Anda terbiasa mengelola kelas yang lebih homogen. Apa
prioritas tindakan yang Anda lakukan bila menghadapi situasi ini?
(a) Menyediakan sumber belajar yang mencakup berbagai jenis media seperti teks, video, dan presentasi lisan
(b) Membagi peserta didik ke dalam kelompok-kelompok kecil berdasarkan gaya belajar mereka
(c) Memikirkan metode pengajaran yang tidak hanya mengandalkan satu jenis media
(d) Berupaya merencanakan aktivitas yang memungkinkan tiap peserta didik bekerja secara individual sesuai gaya belajar masing-masing
(e) Mengusulkan kepada koordinator kelas untuk lebih homogen dalam membagi kelas untuk mempermudah proses pembelajaran
Jawabannya : a. Menyediakan sumber belajar yang mencakup berbagai jenis media seperti teks, video, dan presentasi lisan
4. Anda ditunjuk untuk
melatih ekstrakurikuler menari di sekolah. Saat ini Anda sedang mempersiapkan
peserta didik untuk tampil di festival budaya kabupaten. Meski demikian, Anda
menyadari bahwa peserta didik memiliki latar belakang kemampuan tari yang berbeda-beda,
sehingga Anda bingung dalam menentukan aktivitas yang paling sesuai saat
latihan. Apa yang Anda lakukan jika berada pada situasi tersebut?
(a)Memikirkan variasi aktivitas yang dapat melatih berbagai tingkat kemampuan menari para peserta didik
(b) Tetap menggunakan rutinitas latihan yang biasa dilakukan dan mengharapkan semua peserta didik dapat mengikutinya tanpa kesulitan
(c) Mengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuannya dan memberikan latihan khusus untuk tiap kelompok
(d) Meminta bantuan peserta didik yang lebih mahir untuk turut melatih temannya yang belum mahir dalam melakukan gerakan tertentu
(e) Mengatur urutan dalam melatih gerakan, mulai dari yang rata-rata paling sulit dilakukan sampai yang paling mudah
Jawabannya : d. Meminta bantuan peserta didik yang lebih mahir untuk turut melatih temannya yang belum mahir dalam melakukan gerakan tertentu
Anda adalah guru
matematika yang akan mengajarkan materi perkalian bilangan ratusan. Ketika Anda
memberikan soal di kelas, hanya sebagian kecil peserta didik yang dapat
menyelesaikan soal dengan benar. Setelah dilakukan asesmen lebih lanjut,
ternyata ada beberapa peserta didik yang baru dapat melakukan perkalian
bilangan puluhan. Bahkan ada pula peserta didik yang belum memilliki hafalan
perkalian bilangan satuan. Apa tindakan yang Anda prioritaskan untuk lakukan
ketika menemui situasi tersebut?
(a) Hanya memberikan soal latihan bilangan ratusan kepada peserta didik yang mampu
(b) Memaklumi bila soal latihan yang diberikan memang hanya dapat diselesaikan oleh peserta didik yang mampu
(c) Tetap mengajarkan perkalian bilangan ratusan namun secara perlahan agar semua peserta didik paham
(d) Memastikan kemampuan perkalian peserta didik sebelum memberikan soal-soal
(e) Memberikan soal-soal latihan yang sesuai dengan kemampuan matematika setiap peserta didik
Jawabannya : e. Memberikan soal-soal latihan yang sesuai dengan kemampuan matematika setiap peserta didik
Komentar
Posting Komentar