REFERENSI SOAL-SOAL POST TES PPA_UMUM_2 PPG 2025 MODUL PEMBELAJARAN MENDALAM DAN ASESMEN (Umum)
1. Selama 5 tahun terakhir Anda adalah guru
kelas tinggi, namun tahun ini Anda diminta untuk mengajar di kelas rendah,
yaitu kelas 1. Ketika Anda harus mengajarkan konsep angka, Anda mencoba
menyampaikannya dengan menuliskan bilangan-bilangan di papan tulis, namun para
peserta didik tampak tidak ada yang memperhatikan dan bermain sendiri-sendiri.
Bagaimana Anda mengatasi kejadian tersebut?
(a) Membuat satu set kartu angka dan meminta peserta didik untuk mengurutkannya
(b) Berupaya untuk melakukan aktivitas bermain dan belajar meski belum begitu paham caranya
(c) Meminta peserta didik untuk memperhatikan angka yang telah ditulis di papan tulis
(d) Mengajak peserta didik untuk mencocokkan jumlah kancing dengan angka yang sesuai
(e) Mencari ide tentang penyampaian materi matematika dengan konsep yang lebih menarik
Jawabannya : a. Membuat satu set kartu angka dan meminta peserta didik untuk mengurutkannya
2. Anda adalah guru matematika kelas 1 SD.
Selain ingin mengenalkan bilangan 1 hingga 10, Anda ingin peserta didik juga
dapat menuliskan bilangan-bilangan tersebut. Hanya saja, Anda mengamati bahwa
ada di antara mereka yang belum mahir dalam memegang alat tulis. Bila Anda
menghadapi situasi ini, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?
(a) Meminta peserta didik menulis bilangan 1 hingga 5 terlebih dahulu
(b) Menyadari bahwa tidak semua peserta didik di kelas 1 SD sudah terampil dalam menulis
(c) Tetap meminta semua peserta didik untuk dapat latihan menulis bilangan 1 hingga 10
(d) Membedakan target kompetensi dengan mengidentifikasi kemampuan motorik halus peserta didik
(e) Berupaya untuk menurunkan banyaknya bilangan yang harus ditulis peserta didik
3. Anda adalah guru Bahasa Inggris di sebuah
SD. Minggu ini Anda berencana untuk mengaitkan antara budaya dengan
perkembangan Bahasa Inggris secara umum. Anda agak kesulitan untuk menentukan
budaya mana yang akan diangkat karena peserta didik di kelas Anda terdiri atas
berbagai macam budaya. Apa yang akan Anda lakukan?
(a) Memberikan kasus keberagaman budaya yang mempengaruhi pembelajaran Bahasa Inggris dan meminta komentar peserta didik
(b) Mencari ide tentang cerita-cerita dari berbagai budaya untuk memahami variasi dalam penggunaan bahasa
(c) Memperkenalkan budaya-budaya yang umum di Indonesia melalui metode ceramah dalam Bahasa Inggris di depan kelas
(d) Melibatkan peserta didik dalam proyek kelompok untuk merancang dan menyajikan materi Bahasa Inggris yang mencerminkan budayanya
(e) Mendiskusikan dalam kelas tentang peran budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua
Jawabannya : d. Melibatkan peserta didik dalam proyek kelompok untuk merancang dan menyajikan materi Bahasa Inggris yang mencerminkan budayanya4. Anda merasa bahwa tes tertulis yang
digunakan selama ini belum dapat mengungkapkan kemampuan peserta didik yang
sebenarnya. Tahun ini Anda ingin menggunakan strategi asesmen lain yang dapat
menilai pemahaman sekaligus kemampuan mentransfer pengetahuan peserta didik.
Sebagai guru mata pelajaran, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?
(a) Menggunakan metode presentasi secara individual
(b) Menambah jumlah dan variasi soal tes tertulis, serta mengatur ulang waktu pengerjaannya
(c) Memikirkan asesmen lain yang lebih tepat dalam mengungkap pemahaman sekaligus mentransfer pengetahuan
(d) Melakukan tanya jawab secara lisan untuk mengungkap kedua unsur penilaian tersebut
(e) Membuat kasus untuk didiskusikan dan dipresentasikan
Jawabannya : e. Membuat kasus untuk didiskusikan dan dipresentasikan
5. Anda mengampu Bahasa Inggris. Anda
menyadari bahwa kemampuan menulis cenderung kurang diperhatikan dalam mata
pelajaran ini, dan Anda berencana untuk melatihnya. Selama ini sebenarnya Anda
sudah berusaha memberikan tugas-tugas menulis, namun hasil yang ditunjukkan
oleh peserta didik cukup beragam antar kategori tulisan, seperti antara essai,
tulisan reportase kejadian, cerita, dan sebagainya. Apa yang Anda lakukan
kemudian pada penugasan kali ini?
(a) Meminta semua peserta didik membuat tulisan dengan kategori dan tema yang sama
(b) Memahami bahwa dibutuhkan latihan menulis yang berbeda berdasarkan kemampuan peserta didik
(c) Membuat proyek menulis kolaboratif antar peserta didik yang kemahiran menulisnya beragam
(d) Mencoba memberikan panduan atau tugas menulis dalam kategori yang bervariasi
(e) Memberi penugasan yang berbeda dalam hal tema, jenis, dan detil ketentuan tulisan
Jawabannya : C. Membuat proyek menulis kolaboratif antar peserta didik yang kemahiran menulisnya beragam
Komentar
Posting Komentar