REFERENSI SOAL-SOAL POST TES PPA_UMUM_2 PPG 2025 MODUL PEMBELAJARAN MENDALAM DAN ASESMEN (Umum)

 


Mohon dibaca dan diperhatikan !!!

Untuk teman-teman guru hebat yang terpanggil PPG 2025 dalam jabatannya, saya ucapakkan selamat. Tapi ingat perjalannya masih panjang untuk nanti mendapatkan sertifikat pendidiknya. Saya mendoakan selama proses mengikuti PPG nya di permudah sampai akhir, Aminnn.

Teman-teman guru hebat, postingan ini saya buat untuk membantu kawan-kawan menjawab soal Post Test PPA Umum 1 - 3 untuk modul Pembelajaran Mendalam dan Asesmen (Umum). Di sini ada kumpulan soal sekaligus jawabannya. Saya ingatkan kembali bahwa biasanya optionnya di acak-acak jadi mohon dibaca terlebih dahulu ya. Terima kasih atas perhatiannya.

1. Selama 5 tahun terakhir Anda adalah guru kelas tinggi, namun tahun ini Anda diminta untuk mengajar di kelas rendah, yaitu kelas 1. Ketika Anda harus mengajarkan konsep angka, Anda mencoba menyampaikannya dengan menuliskan bilangan-bilangan di papan tulis, namun para peserta didik tampak tidak ada yang memperhatikan dan bermain sendiri-sendiri. Bagaimana Anda mengatasi kejadian tersebut?

(a) Membuat satu set kartu angka dan meminta peserta didik untuk mengurutkannya

(b) Berupaya untuk melakukan aktivitas bermain dan belajar meski belum begitu paham caranya

(c) Meminta peserta didik untuk memperhatikan angka yang telah ditulis di papan tulis

(d) Mengajak peserta didik untuk mencocokkan jumlah kancing dengan angka yang sesuai

(e) Mencari ide tentang penyampaian materi matematika dengan konsep yang lebih menarik

Jawabannya : a. Membuat satu set kartu angka dan meminta peserta didik untuk mengurutkannya

2. Anda adalah guru matematika kelas 1 SD. Selain ingin mengenalkan bilangan 1 hingga 10, Anda ingin peserta didik juga dapat menuliskan bilangan-bilangan tersebut. Hanya saja, Anda mengamati bahwa ada di antara mereka yang belum mahir dalam memegang alat tulis. Bila Anda menghadapi situasi ini, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?

(a) Meminta peserta didik menulis bilangan 1 hingga 5 terlebih dahulu

(b) Menyadari bahwa tidak semua peserta didik di kelas 1 SD sudah terampil dalam menulis

(c) Tetap meminta semua peserta didik untuk dapat latihan menulis bilangan 1 hingga 10

(d) Membedakan target kompetensi dengan mengidentifikasi kemampuan motorik halus peserta didik

(e) Berupaya untuk menurunkan banyaknya bilangan yang harus ditulis peserta didik

 Jawabannya : d. Membedakan target kompetensi dengan mengidentifikasi kemampuan motorik halus peserta didik

3. Anda adalah guru Bahasa Inggris di sebuah SD. Minggu ini Anda berencana untuk mengaitkan antara budaya dengan perkembangan Bahasa Inggris secara umum. Anda agak kesulitan untuk menentukan budaya mana yang akan diangkat karena peserta didik di kelas Anda terdiri atas berbagai macam budaya. Apa yang akan Anda lakukan?

(a) Memberikan kasus keberagaman budaya yang mempengaruhi pembelajaran Bahasa Inggris dan meminta komentar peserta didik

(b) Mencari ide tentang cerita-cerita dari berbagai budaya untuk memahami variasi dalam penggunaan bahasa

(c) Memperkenalkan budaya-budaya yang umum di Indonesia melalui metode ceramah dalam Bahasa Inggris di depan kelas

(d) Melibatkan peserta didik dalam proyek kelompok untuk merancang dan menyajikan materi Bahasa Inggris yang mencerminkan budayanya

(e) Mendiskusikan dalam kelas tentang peran budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua

Jawabannya : d. Melibatkan peserta didik dalam proyek kelompok untuk merancang dan menyajikan materi Bahasa Inggris yang mencerminkan budayanya

4. Anda merasa bahwa tes tertulis yang digunakan selama ini belum dapat mengungkapkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Tahun ini Anda ingin menggunakan strategi asesmen lain yang dapat menilai pemahaman sekaligus kemampuan mentransfer pengetahuan peserta didik. Sebagai guru mata pelajaran, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?

(a) Menggunakan metode presentasi secara individual

(b) Menambah jumlah dan variasi soal tes tertulis, serta mengatur ulang waktu pengerjaannya

(c) Memikirkan asesmen lain yang lebih tepat dalam mengungkap pemahaman sekaligus mentransfer pengetahuan

(d) Melakukan tanya jawab secara lisan untuk mengungkap kedua unsur penilaian tersebut

(e) Membuat kasus untuk didiskusikan dan dipresentasikan

Jawabannya : e. Membuat kasus untuk didiskusikan dan dipresentasikan

5. Anda mengampu Bahasa Inggris. Anda menyadari bahwa kemampuan menulis cenderung kurang diperhatikan dalam mata pelajaran ini, dan Anda berencana untuk melatihnya. Selama ini sebenarnya Anda sudah berusaha memberikan tugas-tugas menulis, namun hasil yang ditunjukkan oleh peserta didik cukup beragam antar kategori tulisan, seperti antara essai, tulisan reportase kejadian, cerita, dan sebagainya. Apa yang Anda lakukan kemudian pada penugasan kali ini?

(a) Meminta semua peserta didik membuat tulisan dengan kategori dan tema yang sama

(b) Memahami bahwa dibutuhkan latihan menulis yang berbeda berdasarkan kemampuan peserta didik

(c) Membuat proyek menulis kolaboratif antar peserta didik yang kemahiran menulisnya beragam

(d) Mencoba memberikan panduan atau tugas menulis dalam kategori yang bervariasi

(e) Memberi penugasan yang berbeda dalam hal tema, jenis, dan detil ketentuan tulisan

Jawabannya : C. Membuat proyek menulis kolaboratif antar peserta didik yang kemahiran menulisnya beragam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REFERENSI SOAL-SOAL POST TES PPG 2025_FPPN 3 MODUL PEMBELAJARAN FILOSOFI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN NILAI

REFERENSI SOAL-SOAL POST TES PPG 2025_FPPN 1 MODUL PEMBELAJARAN FILOSOFI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN NILAI

REFERENSI SOAL-SOAL POST TES PPG 2025_FPPN 2 MODUL PEMBELAJARAN FILOSOFI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN NILAI