REFERENSI SOAL-SOAL POST TES PPA_UMUM_1 PPG 2025 MODUL PEMBELAJARAN MENDALAM DAN ASESMEN (Umum)

 

Mohon dibaca dan diperhatikan !!!

Untuk teman-teman guru hebat yang terpanggil PPG 2025 dalam jabatannya, saya ucapakkan selamat. Tapi ingat perjalannya masih panjang untuk nanti mendapatkan sertifikat pendidiknya. Saya mendoakan selama proses mengikuti PPG nya di permudah sampai akhir, Aminnn.

Teman-teman guru hebat, postingan ini saya buat untuk membantu kawan-kawan menjawab soal Post Test PPA Umum 1 - 3 untuk modul Pembelajaran Mendalam dan Asesmen (Umum). Di sini ada kumpulan soal sekaligus jawabannya. Saya ingatkan kembali bahwa biasanya optionnya di acak-acak jadi mohon dibaca terlebih dahulu ya. Terima kasih atas perhatiannya.

1. Anda adalah guru kelas dengan peserta didik yang selama ini seluruhnya berasal dari suku Jawa. Kebetulan semester ini ada peserta didik baru yang pindah dari luar Jawa, dan tentu saja ia tidak menguasai Bahasa Jawa. Padahal selama ini Anda terbiasa ketika di kelas menyelipkan Bahasa Jawa ketika menjelaskan sesuatu, meskipun bahasa pengantar pembelajaran secara resmi adalah Bahasa Indonesia. Apa kemudian tindakan Anda saat menghadapi situasi di atas ?

(a) Menggunakan bahasa Indonesia pada semua materi yang diajarkan di kelas

(b) Meminta peserta didik yang baru pindah untuk segera belajar bahasa Jawa

(c) Berniat membiasakan diri agar selanjutnya dapat konsisten menggunakan Bahasa Indonesia ketika mengajar

(d) Melibatkan peserta didik lain di kelas untuk mendiskusikan materi dalam bahasa Indonesia

(e) Menyadari tantangan yang dihadapi peserta didik pindahan dalam memahami materi

Jawabannya : d. Melibatkan peserta didik lain di kelas untuk mendiskusikan materi dalam bahasa Indonesia

2. Anda mengampu mata pelajaran PJOK dan akan mengajarkan materi tentang permainan bola voli yang menuntut penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Di sisi lain, sekolah Anda tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan praktik, sehingga Anda cukup kesulitan untuk melakukan proses pembelajaran dan penilaian. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan ?

(a) Berusaha menyusun pedoman observasi sederhana pada gerakan-gerakan yang bersifat dasar

(b) Memahami pentingnya metode observasi untuk mengetahui keterampilan praktik peserta didik dalam bermain voli

(c) Tetap akan melakukan penilaian keterampilan dengan meminjam lapangan bola voli terdekat

(d) Membuat panduan observasi yang dapat digunakan semua guru PJOK meskipun sarana praktik di sekolah terbatas

(e) Hanya akan memberikan tes yang bersifat tertulis dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana praktik tersebut

Jawabannya : d. Membuat panduan observasi yang dapat digunakan semua guru PJOK meskipun sarana praktik di sekolah terbatas

3. Pada satu materi belajar tentang poster sebagai media informasi, Anda berencana meminta setiap peserta didik untuk berlatih membuatnya dengan tema budaya. Akan tetapi, mayoritas peserta didik meminta Anda untuk membebaskan tema, sesuai dengan minat masing-masing. Sebagai guru mapel IT, apa yang akan Anda lakukan ketika menemui situasi tersebut ?

(a) Berupaya memperluas tema poster sesuai keinginan peserta didik meskipun tidak terlalu jauh dari tema budaya

(b) Membuat survei minat peserta didik untuk dijadikan alternatif pembuatan tema sebelum pembelajaran

(c) Memaklumi minat peserta didik yang beragam dalam pembuatan tugas tersebut

(d) Meminta peserta didik untuk membuat poster sesuai tema yang telah Anda tentukan

(d) Mengizinkan peserta didik untuk membuat poster sesuai dengan minatnya masing-masing

Jawabannya : b. Membuat survei minat peserta didik untuk dijadikan alternatif pembuatan tema sebelum pembelajaran

4. Anda akan mengajarkan salah satu cabang olahraga atletik, yaitu lari jarak jauh. Pada kegiatan praktik, ada beberapa peserta didik yang menyatakan tidak sanggup melakukan kegiatan tersebut dikarenakan baru saja sembuh dari sakit. Ada pula yang menyampaikan bahwa mereka belum sempat sarapan. Tindakan apa yang Anda lakukan sebagai guru mata pelajaran PJOK di kelas tersebut?

(a) Meminta peserta didik yang tidak mampu untuk istirahat dan tidak melakukan kegiatan tersebut

(b) Tetap meminta peserta didik untuk lari jarak jauh meskipun beberapa diantaranya harus pelan-pelan

(c) Memastikan kembali kondisi setiap peserta didik sebelum menentukan jarak lari yang akan dipraktikkan

(d) Menyadari bahwa praktik lari jarak jauh tidak selalu dapat dilakukan oleh semua peserta didik

(e) Mengubah jenis lari ke lari jarak menengah agar setiap peserta dapat melakukan praktik lari

Jawabannya : c. Memastikan kembali kondisi setiap peserta didik sebelum menentukan jarak lari yang akan dipraktikkan

5. Anda adalah guru Bahasa Indonesia yang bermaksud melakukan literasi menulis pada peserta didik di sekolah Anda. Literasi ini akan membantu peserta didik menuangkan gagasan ke dalam tulisan dengan susunan kata dan bahasa yang efektif dan efisien. Namun demikian, kemampuan menulis peserta didik di sekolah Anda sangat heterogen. Beberapa di antara mereka cukup terampil dalam menulis, namun banyak juga yang mengalami kesulitan. Apa yang Anda lakukan jika berada pada situasi ini?

(a) Mulai menugaskan aktivitas menulis berdasarkan topik minggu ini berdasarkan kemampuan masing-masing

(b) Meningkatkan kompleksitas aktivitas hanya untuk peserta didik yang sudah memiliki keterampilan menulis yang baik

(c) Membuat panduan dan tugas yang berbeda sesuai dengan tingkat keterampilan menulis peserta didik

(d) Tetap menggunakan metode pengajaran standar yang biasa dilakukan

(e) Menyadari adanya perbedaan kemampuan awal dalam pengembangan keterampilan menulis peserta didik

Jawabannya : c. Membuat panduan dan tugas yang berbeda sesuai dengan tingkat keterampilan menulis peserta didik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REFERENSI SOAL-SOAL POST TES PPG 2025_FPPN 3 MODUL PEMBELAJARAN FILOSOFI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN NILAI

REFERENSI SOAL-SOAL POST TES PPG 2025_FPPN 1 MODUL PEMBELAJARAN FILOSOFI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN NILAI

REFERENSI SOAL-SOAL POST TES PPG 2025_FPPN 2 MODUL PEMBELAJARAN FILOSOFI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN NILAI